Taman Alam Lumbini

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini - Nah jika sedang berkunjung di Medan, ibukota Sumatera Utara dan sedang mencari objek wisata murah di Medan atau objek wisata unik di Medan, maka patutlah singgah dan bewisata di Tanah Karo, khususnya di Brastagi. Brastagi memang objek wisata andalan Sumatera Utara. Selain suasanaya yang dingin dan sejuk, ternya Berastagi memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan objek wisata lainnya yang ada di berastagi yaitu Taman Alam Lumbini. Dimana Wisata Taman Alam Lumbini merupkan wisata religi yang letaknya di di Desa Tongkoh Berastagi Sumatera Utara. Tamana Alam Lumbini merupakan sebuah pagoda yang indah selain tempatnya sejuk Tamana Alam Lumbini merupakan Pogoda tertinggi yang ada di Indonesia. Taman Alam Lumbini yang merupakan replika Pagoda Shwedagon atau juga disebut pagoda emas Yangon yang ada di Myanmar. Dibuka pada Oktober 2010 replika ini pernah dicatatkan pada rekor MURI untuk kategori stupa tertinggi di Indonesia, serta termasuk sebagai replika tertinggi nomor dua di Asia Tenggara.

Di sekitar pagoda terdapat banyak sekali kebun strowberry dan sayuran yang tumbuh dengan subur. Sebelum masuk ke kawasan pagoda, kita harus lapor dulu di pos satpam yang terletak disamping gerbang masuk, dan untuk masuk ke dalam kita tidak perlu membayar alias gratis. Dengan bentuk bangunannya yang khas dan warnanya yang keemasan, bangunan pagoda ini terlihat begitu indah dan sangat megah. Pagoda ini sendiri adalah tempat ibadah untuk yang beragama Budha. Tapi untuk menikmati indahnya pagoda dari luar dan dalam bangunan, semua orang boleh masuk. Sebelum masuk kita harus melepas alas kaki dan meletakkannya di rak yang telah disediakan disamping pintu masuk. Di samping bangunan pagoda juga terdapat taman dengan bunga-bunga yang bermekaran dan patung-patung yang menambah indahnya pagoda di Taman Alam Lumbini ini.

Pagoda Taman Alam Lumbini mempunyai warna keemasan dan terlihat megah dan mewah. Di bawahnya ada gelang ornamen sulur emas sepanjang 1,5 meter. Dalam Pagoda tersebut terdapat empat rupang Buddha berukuran sedang pada bagian tengah yang menghadap ke empat sisi ruangan, dan pada bagian tengahnya dijadikan sebagai arena bagi pengunjung yang hendak bersembahyang. Dalam Pagoda Taman Alam Lumbini ini tersimpan sebanyak 2.958 rupang Buddha, 30 rupang Arahat dan 108 relik suci serta hampir seluruhnya dibawa langsung dari Myanmar, termasuk puncak pagoda setinggi 46,8 meter di atas stupa. Selain itu, ada aturan tidak boleh mengambil gambar dengan kamera ponsel jika berada dalam Pagoda dan tidak boleh makan atau minum di area Pagoda.

Pagoda Taman Alam Lumbini telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung pelayanan objek tujuan wisata yang dikelola dengan manajemen profesional. Mulai dari toilet, fasilitas pelayanan informasi, taman-taman rekreasi, permainan anak-anak, peralatan fitness. Begitu juga fasilitas penunjang lainnya untuk kebutuhan pengunjung,pengelola telah mempersiapkan sejumlah toko-toko kecil atau kios untuk menjual berbagai macam makanan ringan, souvenir, dll.

Untuk mencapai ke Taman Alam Lumbini ini wisatawan atau pengunjung bisa menggunakan mobil-mobil angkutan umum rute Medan-Berastagi-Kabanjahe dengan membayar ongkos berkisar Rp.10.000 dan pengunjuk dapat berhenti di simpang Tongkoh setelah sampai di simpang Tongkoh wisatawan atau pengunjung bisa melanjutkan dengan naik angkot atau berjalan kaki sekitar 500 meter untuk mencapai Taman alam Lumbini. seruuu bukan...??? dan waktu yang di tempuh kurang lebih 1,5-2 jam perjalan dari medan.

Jadi, para wisatawan apatau pengunjung tidak perlu pergi ke Myanmar untuk melihat Pagoda Shwedagon. Keindahan dan kemewahan dari Pagoda di Taman Alam Lumbini tidak kalah dengan di Myanmar kok

.

Destinasi Lainnya

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie didirikan pada tahun 1900, yang saat ini menjadi Tjong A Fie Memorial Institute dan juga dikenal dengan nama Tjong A Fie Mansion. Rumah ini dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2009 untuk memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke-150. Rumah ini merupakan sebuah bangunan yang memiliki desain dengan gaya arstitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco yang sekarang menjadi sebuah objek wisata bersejarah di Medan.



Pantai Cermin

Pantai Cermin

Kawasan wisata Pantai Cermin merupakan perpaduan antara wisata alam berupa pantai cantik dengan tempat rekreasi buatan yang dikelola secara profesional sehingga menjadikan tempat wisata ini menjadi lokasi liburan yang lengkap. Pantai Cermin berada di pesisir timur pulau Sumatera berhadapan ke Selat Malaka. Letaknya 45 Km dari kota Medan menuju Pematang Siantar atau 9 Km dari Simpang Tiga Perbaungan dan kalau dari Sei Rampah jaraknya 25 km. Akses menuju Pantai Cermin ini sangat baik. Kondisi jalan yang cukup lebar dan beraspal mulus membuat perjalanan yang ingin berkunjung menuju kawasan wisata ini terasa nyaman. Perjalanan dari kota Medan ke Pantai Cermin dapat ditempuh dengan mobil atau sepeda motor dengan waktu 45 menit. Oleh karnanya objek wisata yang satu ini sangatlah cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga dan para wisatawan lainnya, selain suasana pantai yang asri, akses menuju pantai Cermin ini juga nyaman untuk dilalui, dimana pengunjung masih bisa melihat pemandangan perkebunan kelapa sawit dan cocoa di sepanjang jalan yang menyejukkan.



Pemandian Alama Sungai Sembahe

Pemandian Alama Sungai Sembahe

Sungai Sembahe, merupakan sungai yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dari Medan menuju Berastagi. Desa ini menjadi sebuah desa wisata karena ditengahnya mengalir sungai Lau Biang yang berhulu dari Pegunungan Bukit barisan di kabupaten karo dan sekitarnya sehingga desa ini menjadi objek wisata alam yang banyak dikunjung semua orang.



Facebook Fanpage

Rental Mobil

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0812 6363 0633
E: info[at]pariwisatasumut.com

Social Media


facebook pariwisata sumut   twitter pariwisata sumut   instagram pariwisata sumut   youtube pariwisata sumut   soundcloud pariwisata sumut