Taman Hutan Raya (Tahura)

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

Taman Hutan Raya (Tahura)

Taman Hutan Raya (Tahura)

Taman Hutan Raya (Tahura) - Taman Hutan Raya (Tahura) ini merupakan Obyek wisata yang terletak Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan merupakan kawasan hutan seluas lebih kurang 7 Ha yang ditumbuhi berbagai jenis kayu kayuan hutan tropis berusia diatas 60 tahun dan didalamnya berkembang berbagai species kupu kupu langka. Di obyek wisata ini dipelihara gajah yang dapat dimanfaatkan sebagai transportasi wisatawan mengelilingi hutan. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini berkisar 5 km.

Tahura Bukit Barisan merupakan unit pengelolaan yang berintikan kawasan hutan lindung dan kawasan konservasi denga luas seluruhnya 51.600 Ha. Sebagian besar merupakan hutan lindung berupa hutan alam pegunungan yang ditetapkan sejak jaman Belanda, meliputi Hutan Lindung Sibayak I dan Simancik I, Hutan Lindung Sibayak II dan Simancik II serta Hutan Lindung Sinabung serta kawasan konservasi yang terdiri dari hutan lindung seluas 38.273 hektare, Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit seluas 200 hektare, Cagar Alam Sibolangit seluas 120 hektare dan Taman Wisata Lau Debuk-debuk seluas 7 hektare.

Di kawasan hutan ini terdapat Flora dan Fauna yang bisa kita jumpai dan jenis-jenis pohon pegunungan baik jenis lokal maupun yang berasal dari luar. Beberapa jenis tersebut diantaranya Pinus Merkusii, Altingia exelsa, Schima wallichii, Podocarpus, Toona surei dan jenis yang lain seperti durian-durian, Dadap, Rambutan, Pulai, Aren, Rotan, dan lain-lain sedangkan jenis tanaman yang berasal dari luar diantaranya seperti Pinus caribeae, pinu khasia, Pinus insularis, Eucalyptus, Agathis, dan lain-lain. Beberapa Fauna yang hidup di kawasan ini seperti monyet, harimau, siamang, babi hutan, ular, elang, kecil, rusa, treggiling, dan lain-lain.

Kawasan Tahura Bukit Barisan memiliki dua buah Gunung yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, gunung ini sering menjadi tantangan bagi para pendaki untuk menaklukkannya. Dianjurkan bila ingin mendaki gunung ini minta izin lebih dahulu kepada instansi yang berwenang, untuk persiapan segala sesuatu serta sangat diperlukan adanya pemandu keselamatan. Beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan para wisatawan di sini adalah menikmati keindahan alam, mandi air panas, lintas alam, dan berkemah. Sebagian dari Kawasan Tahura, terutama sekitar Tongkoh dan Brastagi telah berkembang menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang penting di Sumatera Utara. Faktor penunjang utama sebagai obyek wisata adalah udara yang sejuk, vegetasi alam yang baik dan pemandangan alam yang indah, sumber air dan danau Toba serta budaya yang memikat. Disamping itu sarana prasarana juga cukup memadai, seperti jalan raya dengan kondisi yang baik dan mulus yang menghubungkan sebagian besar kawasan Tahura, sarana akomodasi dan penginapan, lokasi perkemahan dan jalan setapak dibeberapa kawasan. Bagi yang berminat didunia penelitian, Tahura Bukit Barisan juga dapat dijadikan gudang ilmu pengetahuan. Penelitian tidak terbatas pada bidang flora dan fauna saja tetapi juga mencakup bidang hidrologis serta sosial budaya. Sarana akomodasi dan penginapan sudah tersebar disekitar, mulai dari Sibolangit sampai dengan Berantagi baik berupa penginapan sederhana maupun hotel berbintang taraf international. Sebagai jantung utama Tahura Bukit Barisan yang berada di Tongkoh.

Taman Hutan Raya ini juga menyediakan fasilitas yang ada saat ini tersedia pada saat ini seperti pesanggrahan, restoran, shelter, kios cenderamata, tempat parkir, tempat bermain anak, dan pondok kerja serta penginapan, ruangan primer, perpustakaan, restoran, panggung budaya, juga aktrasi tunggang gajah, serta sarana karantina satwa. jadi bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Tahura relatif mudah, tempat ini dapat ditempuh melalui bus yang ada di sekitar Simpang Pos Jl. Jamin Ginting  dengan rute Medan - Berastagi dengan jarak tempuh sekitar 54 km.

.

Destinasi Lainnya

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara ini terletak di jantung kota Pematang Siantar, dan sangat mudah sekali dijangkau karena letaknya yang sangat strategis. Vihara ini merupakan salah satu bangunan tempat ibadah terpopuler di Sumatera Utara, sebab Vihara yang sangat megah ini mempunyai eksotika yang luar biasa indahnya. Vihara Avalokitesvara yang terletak di kota Pematang Siantar ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat kota Pematang Siantar saja, sebab Vihara yang berdiri pada tahun 2005 ini juga menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun wisatawan mancanegara, sehingga Vihara ini tidak hanya menjadi tempat ibadah umat Buddha saja, tetapi juga menjadi lokasi wisata religi bagi para wisatawan.



Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie didirikan pada tahun 1900, yang saat ini menjadi Tjong A Fie Memorial Institute dan juga dikenal dengan nama Tjong A Fie Mansion. Rumah ini dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2009 untuk memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke-150. Rumah ini merupakan sebuah bangunan yang memiliki desain dengan gaya arstitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco yang sekarang menjadi sebuah objek wisata bersejarah di Medan.



Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman bermain (themepark) yang terletak di Sibolangit dan diklaim sebagai yang terbesar di pulau Sumatera, dengan terbagi menjadi 3 tema besar. Hillpark Sibolangit menyajikan berbagai Wahana-wahana yang menarik diantaranya Roller Coaster (Gelegar), permainan yang satu ini memang paling banyak digandrungi para pengunjung, karena permainan ini dapat menguji adrenalin anda. Sirkuit Roller Coaster di sini cukup panjang, lebih dari 150 meter, dengan belokan tajam dan turunan yang curam. Harga tiket Roller Coaster sekitar Rp. 12.000 per orang. Jika anda senang dengan permainan yang dapat menguji adrenalin anda, wahana yang satu ini cocok anda coba. Ada juga wahana Kincir Raksasa, yang memiliki diameter lebih dari 50 meter, 4D theatre, dan amphiteathre berkapasitas 1,200 untuk pertunjukan dan konser. Dinamakan "Hillpark" karena lokasinya sendiri berada di pegunungan Sibolangit, di mana waktu tempuhnya sekitar satu jam dengan mobil dari Medan.



Facebook Fanpage

Rental Mobil

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0812 6363 0633
E: info[at]pariwisatasumut.com

Social Media


facebook pariwisata sumut   twitter pariwisata sumut   instagram pariwisata sumut   youtube pariwisata sumut   soundcloud pariwisata sumut