Bukit Gundaling

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

Bukit Gundaling

Bukit Gundaling

Gundaling adalah salah satu obyek wisata yang ada di Berastagi, yang berjarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Brastagi. Tempat ini merupakan salah satu dari beberapa objek wisata yang melengkapi keindahan kota Berastagi yang ada di Sumatera Utara, dan tempat ini juga sangatlah nyaman sebagai tempat rekreasi keluarga dengan memiliki ketinggian 1575 meter dari permukaan laut, pengunjung dapat menikmati panorama gunung berapi Sibayak dan Sinabung.
 

Lokasi Wisata Bukit Gundaling

Lokasi wisata Gundaling ini sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda sebagai tempat rekreasi yang mengasyikan. asal mula kenapa dinamakan "Gundaling", menurut cerita masyarakat setempat, dahulu seorang tentara Negara asing kehilangan sebuah senjata kesayangannya disebuah bukit. Yang pada akhirnya tentara asing tersebut menuliskan sebuah kalimat “Gun Darling” dipuncak bukit tersebut sebagai bentuk ungkapan kesedihannya. Percaya atau tidak, namun begitulah sedikit cerita yang pada akhirnya bukit tersebut dinamakan “Gundaling”. Kini Gundaling dikenal sebagai kota Markisa dan Jeruk Manis di Brastagi yang merupakan daerah yang sejuk serta memiliki hamparan perladangan pertanian yang indah, luas dan hijau.

Sebelum menuju bukit Gundaling, tidak ada salahnya kalau pengunjung ingin singgah sejenak di pasar buah yang berada di Berastagi untuk mencicipi segelas air Tebu yang segar. Tebu yang berasal dari pertanian penduduk setempat ini memiliki warna merah kehitam-hitaman serta memiliki rasa yang sangat manis dan segar. Kita dapat membeli dan melihat langsung proses penggilingan dan penyaringan airnya pada saat kita memesannya asik bukan.?
 

Cara Menuju Bukit Gundaling

Sebelum menuju puncak bukit Gundaling, para pengunjung juga dikenakan biaya retribusi yang dipungut oleh pihak pemerintah daerah setempat dipintu loket masuk menuju bukit Gundaling. Berjalan kaki sambil menyusuri puncak bukit Gundaling yang di tumbuhi pohon pinus akan menjadi sensasi tersendiri dan menyenangkan bagi para pengunjung karena pengunjung dapat menikmati udara yang begitu sejuk dan menyegarkan, tidak hanya pohon pinus saja, di sini juga terdapat taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah serta patung-patung manusia yang mengenakan pakaian adat khas suku Batak Karo. Naah.... Ada lagi ni yang tak kalah seru dan menyenangkan, yaitu menikmati sensasi menunggang Kuda dan Delman untuk mengelilingi Bukit Gundaling. Kalau Tertarik menunggangi kuda tersebut pengunjung dapat menyewanya pada penduduk setempat yang memang menyediakan jasa tersebut, dan pengunjung juga tidak perlu khawatir karena pemilik kuda akan terus berada menuntun kita mengelilingi bukit tersebut.


Wahhhh Asik Bukan ?



Bagi pengunjung yang berkeinginan mengunjungi tempat dengan pemandangan yang hijau nan eksotis...? Sebaiknya anda cobalah untuk mengunjungi Bukit Gundaling yang berada di kota Berastagi Sumatera Utara ini.

.

Destinasi Lainnya

Pantai Sri Mersing

Pantai Sri Mersing

Mungkin kebanyak orang belum tahu di mana letak lokasi Pantai Sri Mersing, Pantai Sei Mersing ini terletak di Desa Kuala Lama, kecamatan Pantai Cermin kabupaten Sergai, perbaungan, ya lebih tepatnya dari setelah dari pantai cermin berjarak sekitar 10 km. Jika dari persimpangan jalan besarnya simpang pabrik PTPN ke pantai lebih kurang lebih kurang 15 menit. Kalau sudah memasuki wilayah toko toko kita belok ke kanan yang kebetulan sekarang sudah ada papan petunjuknya, dengan demikin para pengunjung atau wisatawan tentu saja mudah untuk menemukannya.



Kebun Binatang Pematang Siantar

Kebun Binatang Pematang Siantar

Kebun Binatang Pematang Siantar atau biasa di sebut siantar zoo, adalah kebun binatang yang terletak di kota Pematangsiantar. Kebun binatang ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 dengan luas areal sekitar 4.5 hektar. Taman Hewan Siantar atau dikenal juga dengan nama Siantar Zoo, terletak di pusat kota Siantar, tepatnya di seputaran Timbang Galung. Timbang Galung sendiri merupakan kawasan kota lama Siantar dan saat ini menjadi daerah pemukiman. Kebun Binatang di Pematang Siantar juga merupakan Kebun Binatang yang terlengkap bukan hanya lengkap tetapi juga yang terbaik di Provinsi Sumatera Utara mengalahkan Kebun Binatang Medan. Selain itu Kebun Binatang Siantar ini juga digolongkan sebagai salah satu Kebun Binatang terbaik diantara Kebun Binatang yang ada di Indonesia



Pantai Cermin

Pantai Cermin

Kawasan wisata Pantai Cermin merupakan perpaduan antara wisata alam berupa pantai cantik dengan tempat rekreasi buatan yang dikelola secara profesional sehingga menjadikan tempat wisata ini menjadi lokasi liburan yang lengkap. Pantai Cermin berada di pesisir timur pulau Sumatera berhadapan ke Selat Malaka. Letaknya 45 Km dari kota Medan menuju Pematang Siantar atau 9 Km dari Simpang Tiga Perbaungan dan kalau dari Sei Rampah jaraknya 25 km. Akses menuju Pantai Cermin ini sangat baik. Kondisi jalan yang cukup lebar dan beraspal mulus membuat perjalanan yang ingin berkunjung menuju kawasan wisata ini terasa nyaman. Perjalanan dari kota Medan ke Pantai Cermin dapat ditempuh dengan mobil atau sepeda motor dengan waktu 45 menit. Oleh karnanya objek wisata yang satu ini sangatlah cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga dan para wisatawan lainnya, selain suasana pantai yang asri, akses menuju pantai Cermin ini juga nyaman untuk dilalui, dimana pengunjung masih bisa melihat pemandangan perkebunan kelapa sawit dan cocoa di sepanjang jalan yang menyejukkan.



Facebook Fanpage

Rental Mobil

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0812 6363 0633
E: info[at]pariwisatasumut.com

Social Media


facebook pariwisata sumut   twitter pariwisata sumut   instagram pariwisata sumut   youtube pariwisata sumut   soundcloud pariwisata sumut