Cara Berkunjung ke Istana Maimun Dan Sejarahnya

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

Cara Berkunjung ke Istana Maimun Dan Sejarahnya

Cara Berkunjung ke Istana Maimun Dan Sejarahnya

Cara Berkunjung ke Istana Maimun Dan Sejarahnya  - Pada dasarnya, sebagian besar kalangan masyarakat tidak hanya ingin mengunjungi tempat wisata yang mampu memberikan sensasi keseruan saja, tetapi juga memberikan wawasan dan pengetahuan di dalamnya. Apabila Rekan Parsum juga sedang mencari pariwisata Sumut (Sumatera Utara) bersejarah, maka bisa menjadikan wisata Istana Maimum sebagai opsi paling tepat. Sebelum berkunjung kesana, sebaiknya simak dulu penjelasan mengenai wisata Istana Maimun di artikel berikut ini.  


Apa saja daya tarik dari Istana Maimun ?

Sedikit informasi, bahwasanya Istana Maimun sendiri umumnya merupakan salah satu destinasi wisata yang menyimpan berbagai cerita sejarah dan menjadi ikon tersendiri di kota Medan, Sumatera Utara. Berlokasi di tempat yang strategis, yakni di Jalan Brigjend Katamso Nomor 66, A U R, Kecamatan Medan Maimun, Sumatera Utara, menjadikan semua orang mudah menemukan lokasi wisata satu ini. Terlebih lagi, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke wisata ini karena ingin membuktikan sendiri legenda dan misteri yang berada di masyarakat lokal. 
Dikenal sebagai salah satu wisata yang mampu menarik perhatian kalangan wisatawan dari seluruh penjuru negeri, menjadikan tak sedikit orang tertarik untuk berkunjung ke Istana Maimun. Jika Rekan Parsum di rumah salah satunya, maka sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa daya tarik yang ditawarkan di bawah ini. 

Terdapat benda bersejarah berupa Meriam Puntung
Salah satu daya tarik yang ditawarkan di Istana Maimum sendiri, yakni ada benda bersejarah berupa Meriam Puntung. Yang mana, benda ini termasuk peninggalan sejarah yang asal usulnya masih menjadi misteri hingga saat ini. Hampir sebagian besar masyarakat Medan mempercayai, bahwa benda ini merupakan benda sakti yang sering dipakai sebagai senjata perang. Tidak cukup sampai disitu saja, banyak juga orang yang mengaitkan jika Meriam Puntung tersebut ada hubungannya dengan kisah putri hijau di Medan. 

Bangunan dengan suasana peradaban Islam di Medan
Bangunan pariwisata Sumut berupa Istana Medan sendiri, diketahui dibangun oleh orang Melayu yang beragama Islam dan dengan sultan – sultan di dalamnya. Karena itulah, mereka akhirnya mendirikan bangunan ini dengan suasana peradaban Islam. Ketika Rekan Parsum masuk ke dalam Istana Maimum, maka akan langsung merasakan suasana peradaban Islam di Medan yang begitu khas. Baik itu dari bagian atapnya yang berbentuk melengkung menyerupai perahu terbalik seperti di Timur Tengah dan melambangkan bangunan Islam pada umumnya. 

Menawarkan arsitektur bangunan yang khas
Dilihat secara keseluruhan, bangunan Istana Maimum ini cukup unik lantaran menawarkan perpaduan dari beberapa budaya seperti Melayu, India, Persia, Spanyol dan Eropa. Dirancang oleh arsitektur Belanda bernama T H van Erp, ia mempu merancang bangunan dengan baik sesuai keinginan sultan. Saat memasuki bangunan ini, Rekan Parsum akan merasa takjub dengan arsitektur bangunan yang mewah dengan dinding dominan berwarna kuning yang diartikan sebagai kebesaran Melayu. Selain itu, ada juga 3 kubah yang melambangkan Persia, gerbang dengan unsur India serta desain ukiran singa yang melambangkan Eropa. 

Wilayah Istana Maimum cukup luas
Apabila Rekan Parsum baru pertama kali berkunjung ke Istana Maimum, pastinya akan takjub dengan wilayah bangunan tersebut yang cukup luas kurang lebih sekitar 2.700 meter persegi. Yang mana, luas wilayah ini terbagi menjadi dua lantai yang terdiri dari 3 bagian berupa aula utama, ruangan sayap kiri dan kanan. Sementara itu, satu lantainya terdiri dari 20 ruangan. Bahkan yang menariknya lagi, di Istana Maimum juga terdapat tempat penjara yang bisa dilihat oleh setiap pengunjung. Jadi jika ditotal seluruh ruangannya ada sekitar 40 ruangan, sudah termasuk dapur dan kamar mandi. 


Bagaimana tips berkunjung ke Istana Maimun ?


Sebagai wisatawan, penting bagi Rekan Parsum untuk mengetahui beberapa tips dan trik dalam mengunjungi wisata Istana Maimun itu sendiri. Ini bukan tanpa alasan dilakukan, agar liburan ke Istana Maimun lebih seru dan menyenangkan. Adapun beberapa tips yang perlu diikuti oleh setiap wisatawan antara lain sebagai berikut.

  1. Menyediakan alat foto untuk mengabadikan momen liburan.
  2. Mempelajari sedikit bahasa daerah untuk memudahkan melakukan transaksi dengan pedagang.
  3. Kenali sejumlah aturan yang diterapkan di wisata Istana Maimun.

Jadi, itulah tadi informasi penting yang bisa Rekan Parsum ketahui seputar pariwisata Sumut sejarah Istana Maimun. Sebelum berkunjung ke wisata ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jam operasional dan harga tiket yang berlaku di dalamnya. 

 

.

Berita Lainnya

Pariwisata Sumatera Utara Air Terjun Sipiso-Piso

Pariwisata Sumatera Utara Air Terjun Sipiso-Piso

Berbicara mengenai pariwisata Sumatera Utara, terkadang banyak dari kalangan masyarakat yang akan menyebutkan mengenai wisata Danau Toba. Padahal, di provinsi ini terdapat sejumlah wisata yang tidak kalah eksotis untuk dikunjungi. Salah satunya, yakni ada



Tempat Wisata Di Medan Yang Lagi Hits

Tempat Wisata Di Medan Yang Lagi Hits

Menjelang akhir tahun tentunya banyak orang yang sudah merencanakan agenda liburan. Jika destinasi pilihan Rekan Parsum jatuh ke dalam negeri saja, maka Rekan Parsum wajib untuk mengunjungi tempat wisata di Medan yang lagi hits. Berikut ini adalah rekomen



Cara Berkunjung ke Istana Maimun Dan Sejarahnya

Cara Berkunjung ke Istana Maimun Dan Sejarahnya

Pada dasarnya, sebagian besar kalangan masyarakat tidak hanya ingin mengunjungi tempat wisata yang mampu memberikan sensasi keseruan saja, tetapi juga memberikan wawasan dan pengetahuan di dalamnya. Apabila Rekan Parsum juga sedang mencari pariwisata Sumu



Facebook Fanpage

Rental Mobil

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0812 6363 0633
E: info[at]pariwisatasumut.com

Social Media


facebook pariwisata sumut   twitter pariwisata sumut   instagram pariwisata sumut   youtube pariwisata sumut   soundcloud pariwisata sumut