News - Paniaram Si Manis Dari Melayu

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.



Paniaram Si Manis Dari Melayu

.




Banyak nya kuliner khas melayu yang ada, membuat pariwisata sumut tidak kehabisan ide untuk terus mempublikasikankuliner kuliner khas melayu. Pada tanggal 21 Agustus 2014 lalu kami melakukan bagai mana pembelajaran pembuatan kuih paniaram ini.Kuih paniaram sendiri terbuat dari beras yang di haluskan menjadi tepung dan gula aren asli yang kami ambil dari tanah langkat. Untuk membuat kuih paniaram ini sedikit susah bukan berarti tidak bisa untuk di praktikkan di rumah anda. Takaran antara tepung beras, gula aren dan lama masa pengendapan harus tepat dan sedikit meleset akan merubah cita rasa kuih paniaram ini sendiri.

Perbandingan untuk 1 KG tepung beras adalah  8 ons gula aren. Menariknya kuih paniaram ini adalah ketika di gigit terasa kenyal seperti karet  akan tetapi setelah di kunyah malah seperti berpasir pasir dan kuih paniaram ini enak sekali rasanya. Manis nya kuih paniaram dikarkanakan keaslian dari gula aren tadi, dan aorma nya sangat menggoda untuk di santap.

Cara dan bahan untuk membuat kue ini mudah sekali.

Bahan-bahan
1. 8 ons gula merah (gula aren asli - jika tidak asli maka akan terasa keras saat di makan)
2. 1  kg tepung beras (kata andung FARIDA, tepung berasanya harus berasal dari beras yang di haluskan sendiri bukan berasal dari tepung beras yang sudah jadi)
3. Sedikit garam (garam berfungsi untuk membuat masakkan menjadi lebih lemak dan guruh)
4. Minya goreng untuk menggoreng.
Cara membuatnye:
Campur tepung beras, garam dan gula aren (di tumbuk didalam lesung atau ditempat lain yang penting tepung dan gula menjadi adonan yang kalis jangan di beri air 
untuk membuat adonan kalis). Diamkan selama 1 hari 1 malam untuk membuat adonan ini menyatu dan tutup adonan dengan kertas agar masih terdapat udara.

Setelah adonan kalis bentuk adonan tersebut misalnya berbentuk  persegi panjang
Atau bentuk apa saja sesuai selera anda.
Panaskan minyak goreng dalam penggorengan, jika sudah panas masukkan potongan-potongan adonan tersebut kedalam minyak panas. Jika adonan sudah naik kepermukaan angkat.
 Kue pun siap untuk disantap. 

NB : Jika ingin mendapatkan rasa yang sempurna, diamkan dan tutup dengan kertas saja selama 3 hari KUIH paniaram yang sudah di goreng tadi.

Mudah bukan membuatnya. Kue paniaram ini sudah jarang ditemukan. Biasanya saya menjumpai kue ini sebagai hidangan kue lebaran

Kuih ini di buat oleh andung FARIDA dan anaknya MAULANA seorang puak melayu yang berasal dari langkat sekarang bertempat tinggal di asamkumbang - Sunggal ( kedatukan sunggal).

Cooming Soon


 

Admin Parsum

Pariwisata sumut adalah, situs website destinasi wisata yang terlengkap dan ter update di sumatera utara. Hampir setiap dua minggu sekali kami melakukan penjelajahan untuk menemukan destinasi wisata yang baru dan kami berniat untuk mempublikasikan destinasi wisata tersebut sehingga diharapkan perkembangan dan pendapatan masyarakat sekitar dapat bertambah.

Leave a comment

Marchandise

140x140

Tas Sadum Sling - Khas Batak Toba,
Rp. 30.000

Buy Now

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0823 6450 8248
E: info[at]pariwisatasumut.com

Yahoo

Marketing 1
Marketing 2



Newsletter