News - Ikan Arsik Khas Batak

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.



Ikan Arsik Khas Batak

.




Selain sebagai destinasi wisata yang indah, Danau Toba juga dikenal sebagai salah satu tempat di mana para nelayan mencari ikan dengan, menjala dan mengail. Bicara soal ikan, di banyak tempat di Sumatera Utara, juga terdapat lokasi pengembangbiakkan ikan. Termasuk tentunya ikan mas arsik, yang terhitung penting dalam adat suku Batak. Menurut filosofi Batak, ikan mas arsik melambangkan kemurnian hidup dan panjang umur. Pemaknaan ini dapat dilihat dari habitat ikan mas arsik yang hidup di air tawar dan memiliki tubuh yang panjang. Ikan ini juga melambangkan kehidupan damai turun-temurun seperti halnya ikan mas arsik yang hidup bergerombol (marudur-udur).

Tak heran bila dalam hampir setiap jamuan makan Batak, selalu tersedia masakan dari bahan ikan, terutama ikan mas. Dalam upacara adat Batak misalnya, ikan mas arsik yang sudah matang  disajikan dalam bentuk memanjang seperti berenang. Jumlah ikan mas yang disajikan dalam setiap peristiwa adat berbeda-beda, satu ekor untuk untuk pasangan yang baru menikah, tiga ekor disajikan untuk pasangan yang baru memiliki anak, lima ekor disajikan untuk pasangan yang memiliki cucu, dan tujuh ekor disajikan untuk pemimpin masyarakat Batak.

Ikan mas arsik ini diolah dengan tidak menggunakan minyak goreng. Bumbu tidak ditumis tetapi hanya direbus saja. Bumbu masak yang digunakan pun terutama yang berasal dari pegunungan Toba Samosir dan Tapanuli Utara, Sumatera utara. Bumbu dan rempah yang digunakan antara lain, jeruk nipis, sere, bawang, daun singkong atau kacang panjang untuk uram-uramnya, asam gelugur, bunga rias (kecombrang), cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih, andaliman, kemiri, jahe, lengkuas, kunyit, daun salam, daun jeruk, dan garam. Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC), yang sesuai namanya diambil dari kata "Andalas" atau sebutan untuk Pulau Sumatera di masa lalu, memiliki khasiat sebagai antimikroba dan antioksidan. Ekstrak buah andaliman juga memiliki banyak vitamin C dan E yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Menurut informasi, menyiapkan menu ikan mas arsik tidak terlalu sulit. Dan yang pasti, menu khas Batak sangat nikmat disantap. Hal itu sudah terbukti dari banyak komentar mereka yang pernah menikmatinya, bukan saja dari kalangan Batak, tetapi juga dari warga yang bukan berasal dari suku Batak. Bahkan tak sedikit warga asing yang juga menyukainya.  

 

Bahan-bahan:

·         Ikan mas segar 1 kg, bersihkan dan buang insangnya, sisiknya boleh dibuang  dan boleh juga dimasak sekalian
·         Kacang panjang ¼ kg, potong 15 cm
·         Kecombrang atau rias  5 buah, dibelah 4 atau tergantung selera
·         Bawang batak ¼ kg diiris bagian batang 3 cm, dan bagian daun  5 cm
·         Asan Potong 3 Lembar
·         Serai 30 batang dimemarkan
·         Lengkuas 5 cm dipotong 5 cm
·         Jeruk nipis
·         Air 2 liter

Bumbu halus:

1 Bawang merah 10 siung
2  Bawang putih 6 siung
3  Kemiri 8 buah
4  Jahe 5 cm
5  Kunyit 6 cm
6  Cabai merah ½ ons  (sesuai selera)
7  Andaliman 2 sdm
8  Garam secukupnya

Cara membuat :
Ikan mas yang sudah bersih dilumuri dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya biarkan selama 5 menit.
Campurkan semua bumbu yang dihaluskan dan bahan lain seperti kecombrang, daun bawang batak lalu ditambah air sedikit.
Kemudian lumuri ikan dengan bumbu halus, masukkan sebagian kecomrang, bawang batak, dan serai yang sudah dicampur dengan bumbu halus ke perut ikan.
Alasi wajan dengan sisa serai dan lengkuas agar tidak mudah gosong.
Letakkan ikan di atas serai dan lengkuas, tuangi sisa bumbu, asam potong lalu biarkan air meresep kemudian tambahkan air lagi
Tutup wajan dan masak diatas api sedang/kecil hingga air mengering.
Masukkan kacang panjang dan sisa bawang batak diatas ikan menjelang matang. Selamat menikmati.

Cooming Soon


 

Admin Parsum

Pariwisata sumut adalah, situs website destinasi wisata yang terlengkap dan ter update di sumatera utara. Hampir setiap dua minggu sekali kami melakukan penjelajahan untuk menemukan destinasi wisata yang baru dan kami berniat untuk mempublikasikan destinasi wisata tersebut sehingga diharapkan perkembangan dan pendapatan masyarakat sekitar dapat bertambah.

Leave a comment

Marchandise

140x140

Bika Ambon Zuliakha,
Rp. 80.000

Buy Now

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0823 6450 8248
E: info[at]pariwisatasumut.com

Yahoo

Marketing 1
Marketing 2



Newsletter