Destination - Museum Simalungun

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

Museum Simalungun

Museum Simalungun adalah bangunan spesifik Simalungun menyimpan berbagai benda-benda dan barang-barang purbakala peninggalan kerajaan-kerajaan di Simalungun. Berbagai koleksi yang ada di Museum Simalungun yang terletak di Pusat Kota Pematangsiantar..



Museum Simalungun dibangun pada tanggal 10 April 1939 oleh Raja-Raja Simalungun. Tujuannya untuk menjaga benda-benda cagar budaya yang bernilai sejarah dan budaya agar tidak lenyap ditelan zaman. Museum Simalungun adalah bangunan spesifik Simalungun menyimpan berbagai benda-benda dan barang-barang purbakala peninggalan kerajaan-kerajaan di Simalungun. Berbagai koleksi yang ada di Museum Simalungun yang terletak di Pusat Kota Pematangsiantar.

Koleksi Museum Simalungun berjumlah 860 buah, yang terdiri dari koleksi peralatan hidup, koleksi gabah dan keramik, koleksi berbagai mata uang, koleksi arkeologi, koleksi kerajinan tangan. Ada juga koleksi naskah kuno yang menyimpan berbagai aspek ilmu pengetahuan seperti astrologi dan astronomi serta ramuan obat tradisional. Selain itu ada lagi koleksi seperti peralatan rumah tangga contohnya Parborason (tempat menyimpan beras), Pingga Pasu (piring nasi untuk raja), Tatabu (tempat menyimpan air), abal-abal (tempat menyimpan garam), dan peralatan pertanian seperti  wewean (alat memintal tali), hudali (cangkul), tajak (alat membajak tanah), agadi (alat menyadap nira), peralatan perinakan seperti bubu (penangkap ikan dari bamboo), taduhan (tempat menyimpan ikan), hirang-hirang (jaringan penampung ikan), hail (kail).

Tidak hanya itu saja di museum ini juga terdapat alat-alat kesenian seperti Ogung, Mong-mong, Heseh, Gondrang, Sarunei, Sordam, Arbab, Husapi dan alat-alat perhiasan seperti Suhul Gading (keris), raut (pisau kecil), Gotong (kopiah laki-laki), bajut (tas wanita), Bulang (tudung wanita), Suri-suri (selendang wanita), Gondit (ikat pinggang wanita), Doramani (perhiasan kepala pria).

Jika Anda sedang melakukan traveling di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, cobalah untuk singgah ke Museum Simalungun yang terletak di Jalan Sudirman, Pematang Siantar. Museum yang berada di pusat kota ini berbentuk rumah adat Simalungun, unik sekali.

sumber foto : google.com

 

 

 

Cooming Soon



 

Photo By

Tidak Ada Author / Apakah anda ingin bergabung ?

Anda mempunyai foto yang ingin di pajang di gallery slider pariwisata sumut ? dan ingin menambah citra.

Leave a comment