Destination - vihara avalokitesvara

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

vihara avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara ini terletak di jantung kota Pematang Siantar, dan sangat mudah sekali dijangkau karena letaknya yang sangat strategis. Vihara ini merupakan salah satu bangunan tempat ibadah terpopuler di Sumatera Utara, sebab Vihara yang sangat meg.



Vihara Avalokitesvara ini terletak di jantung kota Pematang Siantar, dan sangat mudah sekali dijangkau karena letaknya yang sangat strategis. Vihara ini merupakan salah satu bangunan tempat ibadah terpopuler di Sumatera Utara, sebab Vihara yang sangat megah ini mempunyai eksotika yang luar biasa indahnya. Vihara Avalokitesvara yang terletak di kota Pematang Siantar ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat kota Pematang Siantar saja, sebab Vihara yang berdiri pada tahun 2005 ini juga menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun wisatawan mancanegara, sehingga Vihara ini tidak hanya menjadi tempat ibadah umat Buddha saja, tetapi juga menjadi lokasi wisata religi bagi para wisatawan.

Di vihara ini ada sesuatu yang sangat menarik perhatian para pengunjung atau wisatawan saat berada di tempat ini, apakah yang menarik ditempat ini...??? Ya, Vihara Avalokitesvara ini mempunyai beberapa hal yang sangat menarik, salah satunya adalah patung Dewi Kwan Im yang tampak begitu megah menghiasi halaman Vihara. Patung Dewi Welas Asih (Kwan Im) yang didirikan di vihara avalokitesvara ini disebut pula avalokitesvara, serupa dengan nama vihara dimana patung ini dibangun. Nama Avalokitesvara mengandung arti, Aval berarti mendengar, Lokite artinya Dunia dan Svara berarti suara. Jadi, Avalokitesvara berarti Mendengar Suara Dunia. Patung ini merupakan patung tertinggi di Asia Tenggara dan masuk kedalam MURI (Museum Rekor Indonesia). Disini pengunjung atau para wisatawan bisa berfoto di dekat patung2 yang tersebar di Vihara Avalokitesvara. Bagi penganut agama lain bisa melihat patung Bodhisatva.

Patung Kwan Im di Siantar ini selesai dibangun dalam waktu 3 tahun dan diresmikan pada 15 November 2005. Patung setinggi 22,8 meter ini dipesan langsung dari RRC dan dibuat dari batu granit. Bagi pemeluk Buddha, Dewi Kwan Im adalah dewi kasih sayang yang selalu dipuja. Kwan Im atau Guan Yin dikenal sebagai Bodhisattva atau calon Buddha, yakni manusia yang hampir mencapai kesucian atau kesempurnaan. Posisi Kwan Im di Siantar ini bernama Kwan Im Pemegang Sutra atau kitab ajaran Buddha, posisi inilah yang juga merupakan satu dari 33 julukan Kwan Im. Patung Kwan Im ini dikelilingi catur mahadewa raja atau malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Di sekitar patung terdapat sebuah lonceng besar dan sebuah roda doa (praying whell). Di halaman bawah, 33 patung Kwan Im ukuran kecil mengelilingi patung raksasa ini.

Detail ukuran patung Avalokitesvara Bodhisatva (Dewi Kwan In) antara lain Lebar 8,4 meter , Tinggi 3,5 meter, Total ketinggian patung 22,8 meter, Spesifikasi data teknis rupang Arca Buddha Avalokitesvara seperti Teratai dengan Ketinggian teratai 3 meter dengan Jumlah daun teratai 108 lembar. Arca Buddha tinggi Rupang Buddha 19,8 meter dengan Jumlah Batu Granit 238 lembar dan Berat total batu granit 388 buah, Berat total batu coran 502 ton, Berat total besi 70 ton Ukuran keseluruhan Lebar 8,4 meter, tinggi total 22,8 meter dengan berat 1500 ton.

Jadi, apabila anda berkunjung ke kota Pematang Siantar, sempatkanlah berkunjung ke Vihara Avalokitesvara ini. Sebab, para pengunjung tak hanya dapat melihat kemegahan Patung Dewi Kwan Im saja, tetapi pengunjung juga dapat mengetahui berbagai hal yang sangat menarik dari Vihara ini.

sumber foto : google.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Cooming Soon



 

Photo By

Tidak Ada Author / Apakah anda ingin bergabung ?

Anda mempunyai foto yang ingin di pajang di gallery slider pariwisata sumut ? dan ingin menambah citra.

Leave a comment

Marchandise

140x140

Fridge magnet Model Gorga - Khas Batak Toba,
Rp. 10.000

Buy Now

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0823 6450 8248
E: info[at]pariwisatasumut.com

Yahoo

Marketing 1
Marketing 2



Newsletter