Destination - Rumah Tjong A Fie

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie didirikan pada tahun 1900, yang saat ini menjadi Tjong A Fie Memorial Institute dan juga dikenal dengan nama Tjong A Fie Mansion. Rumah ini dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2009 memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke 150..



Rumah Tjong A Fie didirikan pada tahun 1900, yang saat ini menjadi Tjong A Fie Memorial Institute dan juga dikenal dengan nama Tjong A Fie Mansion. Rumah ini dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2009 untuk memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke-150. Rumah ini merupakan sebuah bangunan yang memiliki desain dengan gaya arstitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco yang sekarang menjadi sebuah objek wisata bersejarah di Medan.

Tjong A Fie adalah nama seorang pengusaha, bankir dan kapitan yang sukses yang berasal dari Tiongkok. Tjong A Fie dahulu sangat disegani oleh masyarakat pada waktu beliau masih hidup, dan sering kali beliau juga berperan sebagai penengah jika ada cekcok antara orang Tionghoa dan kaum etnis lainnya. Di Rumah Tjong A Fie saat ini, pengunjung dapat mengetahui sejarah dari kehidupan seorang Tjong A Fie melewati foto-foto, lukisan beserta perabotan rumah yang digunakan oleh keluarganya dan juga dapat mempelajari budaya Melayu-Tionghoa.

Tjong A Fie Mansion benar-benar sebuah tempat bersejarah yang indah dipenuhi dekorasi ruangan dan penataan yang luar biasa. Ini adalah salah satu tempat yang harus anda kunjungi saat berada di Medan, karena dirumah Tjong A Fie, pengunjung seperti diajak menyelami romantisme kisah masa silam salah satu keluarga saudagar China peranakan yang sangat kaya di abad pertengahan atau di masa kolonial. Meskipun rumah ini sudah berusia ratusan tahun, namun bangunan masih tampak terawat, dan menunjukkan sisa-sisa kejayaan masa lalu keluarga Tjong A Fie.

Walaupun rumah ini berlokasi di daerah Kesawan, akan tetapi rumah yang dibuat pada tahun 1985 ini berdiri kokoh dan terjepit oleh ruko ruko serta kemacetan di depannya. akan tetapi hal itu, makin membuat rumah Tjong A Fie semakin menceritakan tentang keidupan di zaman Sultan Deli.

 

 

sumber foto : google.com

 

Cooming Soon



 

Photo By

Tidak Ada Author / Apakah anda ingin bergabung ?

Anda mempunyai foto yang ingin di pajang di gallery slider pariwisata sumut ? dan ingin menambah citra.

Leave a comment

Marchandise

140x140

Sortali - Khas Batak,
Rp. 25.000

Buy Now

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0823 6450 8248
E: info[at]pariwisatasumut.com

Yahoo

Marketing 1
Marketing 2



Newsletter