Destination - Museum Sumatera Utara

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

Museum Sumatera Utara

Merupakan Museum terbesar di Sumatera Utara yang berbagai peninggalan sejarah budaya bangsa, hasil seni dan kerajinan dari berbagai suku di Sumatera Utara..



Merupakan Museum terbesar di Sumatera Utara yang berbagai peninggalan sejarah budaya bangsa, hasil seni dan kerajinan dari berbagai suku di Sumatera Utara. yang di dirikan pada tahun 1954 dan diresmikan pada tanggal 19 april 1982. Museum ini merupakan museum yang terbaik di Indonesia. Peletakan koleksi pertama dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno, tahun 1954 berupa makara. Oleh karena itu museum ini terkenal dengan nama Gedung Arca. Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara terletak di Jalan H.M.Joni no. 15, Medan.

Bangunan museum berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi, terdiri dari bangunan induk dua lantai yang difungsikan sebagai ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio-visual, ruang Kepala Museum, tata usaha, ruang seksi bimbingan, perpustakaan, ruang mikro film, ruang komputer, serta gudang. Secara arsitektur, bentuk bangunan induk museum ini menggambarkan rumah tradisional daerah Sumatera Utara. Pada bagian atap depan dipenuhi dengan ornamen dari etnis Melayu, Batak Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak, dan Nias.

Dimuseum ini juga terdapat banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah budaya mulai dari :

  1. Masa Prasejarah, dimana ditampilkan sejarah geologi mulai terbentuknya alam semesta, pergeseran benua, dan Pulau Sumatera. Sejarah alam mengenai migrasi manusia, sebaran flora dan fauna, juga mengenai kehidupan prasejarah. Koleksi yang ditampilkan meliputi replika hewan khas Sumatera, replika fosil manusia purba, diorama kehidupan prasejarah, serta beragam perkakas prasejarah
  2. Klasik Pengaruh Hindu-Buddha, dimana menampilkan koleksi peninggalan agama Hindu-Buddha yang ditemukan di daerah Sumatera Utara, diantaranya temuan arkeologi dari situs Percandian Padang Lawas dan situs Kota Cina. Benda koleksi meliputi arca batu, perunggu, pecahan keramik, dan mata uang kuno, juga sebuah replika candi induk dari Candi Bahal I.
  3. Islam, hingga sejarah perjuangan masa kini yang menampilkan berbagai artefak peninggalan masa Islam seperti replika berbagai batu nisan dari makam Islam yang ditemukan di daerah Barus, Sumatera Utara. Serta nisan peninggalan Islam yang bercorak khas Batak, beberapa Al Qur'an, dan naskah Islam tua yang ditulis dengan tangan. Serta sebuah replika Masjid Azizi di Medan. Lainnya berasal dari beberapa daerah lain di Indonesia dan dari negara lain seperti Thailand.

Hingga tahun 2005 Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara menyimpan kurang lebih 6.799 koleksi yang dapat dikelompokkan ke dalam sepuluh jenis, yaitu benda-benda geologi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, numismatik dan heraldik, filologi, keramik, senirupa, dan teknologi.

Untuk kunjungan ke Museum Sumatera Utara ini :

Selasa – Kamis: 08.00 – 16.00 WIB
Jumat – Minggu: 08.00 – 15.30 WIB
sedangkan untuk hari Senin dan Hari libur nasional Tutup

Jadi, bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Museum Sumatera Utara ini pengunjung harus membayar karcis masuknya terlebih dahulu sekitar Rp.3000/orang.

 

 

sumber foto : google.com

 

Cooming Soon



 

Photo By

Tidak Ada Author / Apakah anda ingin bergabung ?

Anda mempunyai foto yang ingin di pajang di gallery slider pariwisata sumut ? dan ingin menambah citra.

Leave a comment

Marchandise

140x140

KAOS MEDAN MDXC ,
Rp. 65.000

Buy Now

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0823 6450 8248
E: info[at]pariwisatasumut.com

Yahoo

Marketing 1
Marketing 2



Newsletter