Destination - Tahura (Taman Hutan Raya)

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

Tahura (Taman Hutan Raya)

Taman Hutan Raya (Tahura) ini merupakan Obyek wisata ini merupakan kawasan hutan seluas lebih kurang 7 Ha yang ditumbuhi berbagai jenis kayu kayuan hutan tropis berusia diatas 60 tahun dan didalamnya berkembang berbagai species kupu kupu langka..



Taman Hutan Raya (Tahura) ini merupakan Obyek wisata yang terletak Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan merupakan kawasan hutan seluas lebih kurang 7 Ha yang ditumbuhi berbagai jenis kayu kayuan hutan tropis berusia diatas 60 tahun dan didalamnya berkembang berbagai species kupu kupu langka. Di obyek wisata ini dipelihara gajah yang dapat dimanfaatkan sebagai transportasi wisatawan mengelilingi hutan. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini berkisar 5 km.

Tahura Bukit Barisan merupakan unit pengelolaan yang berintikan kawasan hutan lindung dan kawasan konservasi denga luas seluruhnya 51.600 Ha. Sebagian besar merupakan hutan lindung berupa hutan alam pegunungan yang ditetapkan sejak jaman Belanda, meliputi Hutan Lindung Sibayak I dan Simancik I, Hutan Lindung Sibayak II dan Simancik II serta Hutan Lindung Sinabung serta kawasan konservasi yang terdiri dari hutan lindung seluas 38.273 hektare, Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit seluas 200 hektare, Cagar Alam Sibolangit seluas 120 hektare dan Taman Wisata Lau Debuk-debuk seluas 7 hektare.

Di kawasan hutan ini terdapat Flora dan Fauna yang bisa kita jumpai dan jenis-jenis pohon pegunungan baik jenis lokal maupun yang berasal dari luar. Beberapa jenis tersebut diantaranya Pinus Merkusii, Altingia exelsa, Schima wallichii, Podocarpus, Toona surei dan jenis yang lain seperti durian-durian, Dadap, Rambutan, Pulai, Aren, Rotan, dan lain-lain sedangkan jenis tanaman yang berasal dari luar diantaranya seperti Pinus caribeae, pinu khasia, Pinus insularis, Eucalyptus, Agathis, dan lain-lain. Beberapa Fauna yang hidup di kawasan ini seperti monyet, harimau, siamang, babi hutan, ular, elang, kecil, rusa, treggiling, dan lain-lain.

Kawasan Tahura Bukit Barisan memiliki dua buah Gunung yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, gunung ini sering menjadi tantangan bagi para pendaki untuk menaklukkannya. Dianjurkan bila ingin mendaki gunung ini minta izin lebih dahulu kepada instansi yang berwenang, untuk persiapan segala sesuatu serta sangat diperlukan adanya pemandu keselamatan. Beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan para wisatawan di sini adalah menikmati keindahan alam, mandi air panas, lintas alam, dan berkemah. Sebagian dari Kawasan Tahura, terutama sekitar Tongkoh dan Brastagi telah berkembang menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang penting di Sumatera Utara. Faktor penunjang utama sebagai obyek wisata adalah udara yang sejuk, vegetasi alam yang baik dan pemandangan alam yang indah, sumber air dan danau Toba serta budaya yang memikat. Disamping itu sarana prasarana juga cukup memadai, seperti jalan raya dengan kondisi yang baik dan mulus yang menghubungkan sebagian besar kawasan Tahura, sarana akomodasi dan penginapan, lokasi perkemahan dan jalan setapak dibeberapa kawasan. Bagi yang berminat didunia penelitian, Tahura Bukit Barisan juga dapat dijadikan gudang ilmu pengetahuan. Penelitian tidak terbatas pada bidang flora dan fauna saja tetapi juga mencakup bidang hidrologis serta sosial budaya. Sarana akomodasi dan penginapan sudah tersebar disekitar, mulai dari Sibolangit sampai dengan Berantagi baik berupa penginapan sederhana maupun hotel berbintang taraf international. Sebagai jantung utama Tahura Bukit Barisan yang berada di Tongkoh.

Taman Hutan Raya ini juga menyediakan fasilitas yang ada saat ini tersedia pada saat ini seperti pesanggrahan, restoran, shelter, kios cenderamata, tempat parkir, tempat bermain anak, dan pondok kerja serta penginapan, ruangan primer, perpustakaan, restoran, panggung budaya, juga aktrasi tunggang gajah, serta sarana karantina satwa. jadi bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Tahura relatif mudah, tempat ini dapat ditempuh melalui bus yang ada di sekitar Simpang Pos jln.Jamin Ginting Padang Bulan dengan rute Medan - Berastagi dengan jarak tempuh sekitar 54 km.

 

 

 

 

 

 

sumber foto : google.com

 

 

 

 

 

 

 

Cooming Soon



 

Photo By

Tidak Ada Author / Apakah anda ingin bergabung ?

Anda mempunyai foto yang ingin di pajang di gallery slider pariwisata sumut ? dan ingin menambah citra.

Leave a comment

Marchandise

140x140

Tas Model Ulos - Khas Batak Toba,
Rp. 30.000

Buy Now

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0823 6450 8248
E: info[at]pariwisatasumut.com

Yahoo

Marketing 1
Marketing 2



Newsletter