View Event

Pariwisata Sumut berharap informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

PENTAS SENI BUDAYA OPERA BATAK

Pelestarian warisan budaya adalah sebuah proses penyiapan suatu generasi untuk melanjutkan estafet pembangunan dan pengembangan peradaban, nilai nilai luhur budaya dan lingkungan serta pengetahuan yang telah dicapai oleh generasi sebelumnya yang patut diw.

DASAR PEMIKIRAN:
Pelestarian warisan budaya adalah sebuah proses penyiapan suatu generasi untuk melanjutkan estafet pembangunan dan pengembangan peradaban, nilai nilai luhur budaya dan lingkungan serta pengetahuan yang telah dicapai oleh generasi sebelumnya yang patut diwarisi oleh generasi muda bukan dogmatis dan indoktrinisasi namun melalui proses transfer yang diliputi kesadaran kritis dan keteladanan.
Untuk melestarikan dan mengembangkan budaya para generasi muda ikut terpanggil untuk berkarya melalui kesenian budaya sebagai wujud pelestarian warisan budaya mahakarya para pendahulu kita yang begitu luar biasa.
Negara kita merupakan negara yang kaya akan suku dan budaya tradisional yang amat membutuhkan peran para generasi muda dalam berkarya melestarikan warisan budaya agar kelak budaya tradisional kelak bukan hanya sebagai sejarah hingga pada akhir cucu kita mengganggap bahwa budaya tradisional batak hanya sebagai dongeng belaka sehingga kehilangan identitas berbangsa yang berbudaya,bertindak,berperilaku yang tidak mencerminkan budaya kita.
Karya seni para leluhur pendahulu kita seperti tari,musik,vocal dan sastra yang sangat luar biasa yang juga begitu beragam tersebut perlu dikembangkan dan dibina serta diangkat dalam suatu bentuk pertunjukan yang menarik sehingga dapat disaksikan serta dilihat kembali oleh kalangan masyarakat dalam dan luar negeri sebagai wujud pelestarian warisan budaya kita.
Atas dasar kesadaran serta kepedulian generasi muda akan keberlangsungan warisan budaya kita yang perlu kita dukung dalam upaya melestarikan yang mana saat ini para generasi muda sudah terlalu mudah terkontaminasi oleh budaya luar yang semakin menggerogoti setiap akal dan pikiran generasi muda dalam berbuat serta bertindak yang lebih condong beralih ke budaya luar.
Berangkat dari masalah tersebut para generasi muda di Hutabalian-Sianjur mula mula mulai berbenah diri dan mengetahui betapa pentingnya budaya tradisional untuk dilestarikan sebagai lambang identitas dan jatidiri yang sangat berharga sebagai generasi muda batak dan mewujudkan niat serta cita cita luhur pelestarian budaya melalui Pentas Seni Budaya berupa Opera Batak,Seni tari dan Musik.

DASAR PENYELENGGARAN:
1.Sebagai wujud implementasi program divisi seni dan budaya karang taruna Marsada Roha-Hutabalian Sianjur Mula Mula
2.Adanya insiatif dari masyarakat di Dusun III Hutabalian Desa Sianjur Mula-mula Maupun generasi muda yang peduli terhadap kelestarian budaya yang di anggap bermanfaat di jaman ini Sekaligus menghargai warisan budaya
3.Ada nya dukungan dan doa restu dari masyarakat

MAKSUD DAN TUJUAN:
1.Mempererat hubungan kekerabatan sesama generasi muda
2.Sebagai wujud pelestarian Seni-Budaya dan tradisi Batak
3.Sebagai suatu gerakan kebangkitan generasi Muda dimanapun berada dalam menemukan jati diri Sebagai generasi yang Berbudaya dan Beradat
4.Meningkatkan kepedulian dan kreatifitas Generasi Muda untuk mampu berkarya secara profesional Dengan latar belakang Seni-Budaya dan tradisi, namun tidak sampai menghilangkan nilai dasar yang ada
5.Melestarikan warisan budaya sebagai identitas bangsa
6.Menggali dan mengembangkan budaya tradisional menjadi suatu bentuk pertunjukan yang dapat menarik minat dan kecintaan para generasi muda terhadap budaya
7.Memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan
8.Menanamkan pada diri setiap generasi muda agar lebih mengenal
dan mencintai budaya batak
9.Menjaga seni dan budaya tradisional agar tetap lestari dan tidak dicaplok negara lain
10.Membantu pemerintah kabupaten samosir dalam mewujudkan visi dan misi sebagai daerah pariwisata yang berbudaya

NAMA KEGIATAN:
Kegiatan ini diberi nama : PENTAS SENI BUDAYA OPERA BATAK
Tema : Pentas budaya sebagai wujud pelestarian budaya Batak.
Sub Tema : Generasi muda bangkit dan berbenah untuk melestarikan budaya sebagai lambang identitas dan Jatidiri.

JENIS KEGIATAN:
1.Pagelaran Opera Batak Asal Mula” Dalihan Natolu”
2.Natal dan Koor Gereja di Hutabalian
3.Hiburan

WAKTU DAN TEMPAT
Tempat : Huta Balian (Sagala)
Desa Sianjur Mula-Mula
Kecamatan. Sianjur Mula-Mula
SAMOSIR

Hari/Tanggal : Minggu, 27 Desember 2015
Waktu : Pukul 18:00 WIB s/d Selesai.


 

John Doe

Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Vestibulum tortor quam, feugiat vitae, ultricies eget, tempor sit amet, ante. Donec eu libero sit amet quam egestas semper.

Leave a comment

Marchandise

140x140

Sortali Ganjang - Khas Batak,
Rp. 23.000

Buy Now

Address

Pariwisata Sumut.
Jl Dr Mansyur Gg Berdikari No 5
Medan, Sumatera Utara - Indonesia
P: 0823 6450 8248
E: info[at]pariwisatasumut.com

Yahoo

Marketing 1
Marketing 2



Newsletter